HEADLINENASIONALNEWS

Sarmuji, Anggota DPR yang maju menjadi Ketua Umum Kauje

 

Sarmuji, SE,  MSi, Alumni FE Unej angkatan 92, kini anggota DPR RI maju menjadi calon Ketua Umum Kauje (Keluarga Alumni Unej) di Munas V yang akan digelar di Batu 2-3 Nopember mulai Sabtu besok.  Sarmuji mendapat dukungan besar dari para senior dan asal fakultas FE Unej untuk menduduki kursi ketua umum.Disiapkan pula sejumlah program kerja untuk menjalankan organisasi Kauje untuk empat tahun masa periode.

Muhammad Sarmuji, posisinya saat ini sebagai Wakil Sekjen DPP Partai  Golkar  sangat lekat dengan sebutan seorang aktivis. Dia adalah tokoh muda Golkar yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, 12 November 1974.  Nama  lengkap Muhammad Sarmuji adalah Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya. Terpilih pada usia 40 tahun dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI.

Sarmuji terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2014 dari daerah pemilihan Jawa Timur VI yang meliputi Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung dengan meraih suara sebanyak 57.586 suara.

Di DPR RI, Sarmuji duduk sebagai anggota Komisi VI – Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Stadarisasi Nasional. Sarmuji dipindah ke Komisi IX DPR-RI di bulan april 2015 pada pergantian komisi di Fraksi Partai Golkar.

Kemudian saat pergantian ketua DPR dilakukan lagi rotasi di tubuh fraksi golkar dan menugaskan Sarmuji di komisi XI yang membidangi keuangan dan perbankan.

. Sarmuji memulai perjalanan politiknya dengan menjadi anggota dari organisasi sayap Partai Golkar yaitu Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Sarmuji sempat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jedral AMPI dari 2003-2008 dan menjadi Sekretaris Jenderal DPP AMPG dari 2010. Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Nasional (PPN) Pengurus Besar HMI periode tahun 2000 – 2002Lahir di Surabaya, Jawa Timur, Sarmuji menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Kota Surabaya. Setelah lulus dari SMA, ia masuk kuliah ke Universitas Jember, Jember, pada 1992. Di kampus Sarmuji masuk di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, hingga lulus pada 2000. Sarmuji melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Universitas Indonesia dan meraih gelar master bidang administrasi bisnis pada 2006.

Jiwa pergerakan Sarmuji sebagai seorang aktivis sejak masih mahasiswa di Universitas Jember. Sejak masuk Fakultas Ekonomi Unej terus berkiprah di organisasi ektra mahasiswa HMI (Himpunan Mahasiswa Islam}. Menduduki jabatan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jember Komisariat Ekonomi Periode tahun 1995 – 1996. Menjadi  Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jember Periode tahun 1998 – 1999.  Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Nasional (PPN) Pengurus Besar HMI periode tahun 2000 – 2002

Berdasarkan pemetaan masalah, KAUJE perlu mendesain program kerja yang kongkret sekaligus terukur sehingga dapat dijalankan guna mengahdirkan manfaat bagi almamater dan masyarakat luas.

 

  • (1). Mengukuhkan Paguyuban KAUJE sebagai Organisasi Alumni yang Diperhitungkan dan Berdaya Saing

 

  1. Penguatan Organisasi/Paguyuban :
  • Pengadaan Sekreatriat KAUJE
  • Memperbaiki Database Alumni
  • Penataan kembali kewenangan antara organisasi ditingkat Pusat, Korwil, Korda, dan Komisariat sangat penting dilakukan
  • Penguatan peran Korwil, Korda, dan Komisariat
  • Identifikasi dan Pembentukan Korwil, Korda, dan Komisariat Baru
  • Pemanfaatan internet untuk meningkatkan citra organisasi
  • Pembuatan tata aturan yang menjamin persamaan hak dan kepentingan anggota
  • Mendorong modernisasi organisasi melalui penerapan e-voting dalam pemilihan KAUJE kedepan
  1. Optimalisasi penggunaan Kartu Anggota sebagai kartu multiguna melalui program 10.000 KTA multiguna
  • (2) Menguatkan modal sosial sebagai pondasi terbangunya trust & networking
  1. Identifikasi potensi dan kapasitas anggota sebagai dasar modal sosial KAUJE
  2. Mensinergikan potensi Alumni untuk kemajuan almamater
  3. Peningkatan keterlibatan KAUJE dalam suatu jaringan hubungan (network) dengan sesama organisasi alumni maupun organisasi sosial lainya
  4. Meningkatkan keterlibatan/peran aktif KAUJE dalam kegiatan masyarakat baik berupa charity maupun community services
  5. Membangun rasa saling percaya antar anggota sebagai satu-kesatuan alumni

 (3) Menyelenggarakan tata kelola organisasi sesuai prinsip good govarnance:

  1. Peningkatan keterlibatan anggota dalam perencanaan kegiatan
  2. Transparansi kegiatan dan pendanaan
  3. Pengawasan secara berkala guna menjamin kualitas pelaksanaan program kerja
  4. Pemanfaatan website secara optimal guna mendukung kualitas transparansi dan kemudahaan akses program kerja bagi seluruh anggota
  • (4) Mengembangkan kerjasama Kemitraan Strategis dengan Para Pihak untuk mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Almamater serta Masyarakat:
  1. Berperan aktif dalam pengembangan lembaga melalui perubahan status almamater dari status Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU) hingga Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN BH)
  2. Fasilitasi peningkatan kerjasama Almamater dengan Dunia Industri/ Usaha dan Pemerintah guna mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat baik dalam maupun luar negeri
  3. Membangun sinergi dengan Universitas, Pemerintah, dan Badan Usaha untuk penempatan dan pengembangan karir Alumni.
  4. Melakukan penggalangan pendanaan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa berprestasi
  5. Perlunya merintis inkubator dan akselerator bisnis di KAUJE
  6. Pertemuan-pertemuan berbasis profesi, seperti misalnya: Alumni di Bidang Keuangan, Pemerintahan, Media, Wiraswasta. Pertemuan ini penting untuk membuka akses informasi kepada lulusan mahasiswa Universtas Jember.
  7. Merintis program community development dalam bentuk “Desa Binaan”.
  8. Penganugerahan KAUJE Award kepada Alumni Berdedikasi dan Berprestasi
  9. Berperan aktif dalam penyusunan Kebijakan Mikro dan Makro untuk mendorong good governance Pemerintah
  10. Berperan aktif dalam melakukan advokasi kebijakan publik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close