FIGURHEADLINENASIONALNEWSPOLITIK

RUMAH ASPIRASI GOLKAR BAGIAN DARI PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT.

Ketua DPD Golkar Jember H. Karimullah Dahrudiaji, SP : Masyarakat Punya Hak Kontrol.


JEMBER-VIRALKATA.COM-Ketua Umum DPD Golkar Jember H Karimullah Dahrudiaji, SP, mengatakan pihaknya saat ini akan membentuk rumah aspirasi di setiap desa dan kecamatan se kabupaten Jember. “Rumah aspirasi ini untuk mendekatkan Golkar dengan masyarakat hingga tingkat desa dan kecamatan”, ungkap H.Karim. Berikut ini wawancara wartawan Virakata.com dengan H. Karimullah di sela-sela kegiatan Reses di Desa Kemuninglor kec Arjasa beberapa waktu lalu.

Target rumah aspirasi Partai Golkar yang akan dibuat di setiap desa dan kecamatan berapa jumlah?

Kalau bicara struktur di kab Jember ada 248 desa, disetiap desa itu kita tempatkan ada rumah aspirasi. Di setiap desa itu ada struktur yang namanya PD atau Pengurus Desa. Rumah aspirasi itu untuk mendekatkan dengan grassrot. Sebab fakta di lapangan banyak masyarakat yang memiliki aspirasi atau uneg-uneg. Hal itu yang susah dilakukan oleh masyarakat, oleh karena itu dari Partai Golkar mendekatkan diri dengan masyarakat, berupa Posko atau rumah aspirasi itu menjadi berfungsi untuk menghidupkan tempat masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya.

Kalau di tingkat kecamatan?

Namamanya Pengurus Kecamatan, artinya juga rumah aspirasi kecamatan untuk menampung dan memfokuskan aspirasi apa yang ada di seluruh desa yang ada di setiap kecamatan untuk menentukan mana yang menjadi prioritas, mana yang menjadi kewenangan pusat, propinsi dan kabupaten. Salah satu contoh bicara jalan, ada jalanan nasional, ada jalan provinsi, ada jalan kabupaten dan desa. Para pengurus struktur yang sudah dibekali dengan pendidikan politik, bekal keorganisasian, disitu mereka akan berperan.

Berarti rumah aspirasi akan menampung aspirasi masyarakat secara luas, tidak terbatas warga kader Golkar?

Ya benar, buat masyarakat secara luas. Karena prinsip-prinsip kepartaian itu untuk masyarakat luas.
Rumah aspirasi dengan sekretariat partai apakah beda?
Beda, sebetulnya kita mengadopsi hasil Musribang Golkar. Sebab kader Golkar itu bagian dari perjuangan untuk kepentingan rakyat. Bekal itu yang harus kita tanamkan pada setiap kader Golkar yang ada di setiap desa dan kecamatan.

Rumah aspirasi apakah program dari kabupaten atau program nasional dari pusat?

Sebetulnya sistemnya sama dengan apa yang digariskan dari pusat, tapi mungkin modelnya dan istilahnya beda tapi ruhnya sama.

Apakah berarti rumah aspirasi setiap desa itu diluar struktural?

Ya struktural Golkar di tingkat desa itu yang kita jadikan rumah aspirasi.

Program dalam rumah aspirasi apakah termasuk ada pendidikan politik?

Pendidikan politik sudah termasuk program partai. Hal itu yang akan kita lakukan.
Yang tidak kalah pentingnya, dengan pendidikan politik dan pembelajaran kepada rakyat adalah bagian dari sikap kontrolnya. Artinya rakyat juga berperan sebagai kontrol juga. Masyarakat punya hak kontrol.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close