HEADLINENASIONALPOLITIK

Prestasi Bupati H Hendy Setahun Menjabat Cuma  Ngopi Bareng,  Beberapa Kandidat Siap Bersaing  Di Pilkada 2024.

Catatan SINGGIH SUTOYO -Wartawan Top Group.Online.

Bupati Jember H Hendy Siswanto yang terpilih dalam Pilkada pada 10 Desember 2020  sudah memasuki tahun kedua menjabat. Namun presrasi apa yang sudah dilakukan oleh H Hendy, belum banyak, malah nyaris belum ada  prestasi yang dapat diandalkan dan dibanggakan.

Waktu terus bergulir. Agenda Pilkada serentak yang akan berlangsung tahun 2024, makin pendek. Terutama bagi Bupati H Hendy, praktis dari sekarang bagi dia sebagai  kandidat, harus segera mempersiapkan diri, sebab bila agenda Pilkada 2024 berlangsung maka tahun 2023 sudah pasti akan bermunculan nama-nama.kandidat yang siap bertarung untuk memperbutkan jabatan bupati Jember.

Meski belum ada survey politik untuk Jember, namun beberapa nama yang dinilai layak untuk menjadi kandidat dalam Pilkada sudah mulai muncul. Ada beberapaa nama kandidat wajah lama, tapi ada kandidat wajah baru yang layak untuk maju. Wajah lama adalah dr Faida. MR yang hingga saat ini masih merawat basis massa loyalis. Masih memiliki kekuatan yang patut diperhitungkan. Dari berbagai sumber informasi, meski Faida belum melakukan langkah politik seperti menjadi pemgurus partai, tapi dia masih sering turun ke berbagai komunitas loyalisnya.


Berbed dengan H.Abdus Salam, mantan calon bupati Jember tahun lalu ini, sudah melakukan konsolidasi politik dengan terpilih dan dilantik menjadi Ketua Umum DPD PAN Jember. Gerakan riil sudah dimulai, dengan terpilihnya ketu umum partai, berarti dia sudah mendapatkan tiket masuk untuk.menjadi salah satu kondidat untuk Pilkada 2024 mendatang.

Dengan terpilihnya Cak Salam, panggilan akrabnya, menjadi ketua PAN Jember, maka bila ada survey politik, biscaya akan membawa popularitas dan elektabilitasnya menjadi naik dan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Selain dua kandidat wajah lama, Faida dan Cak Salan,  muncul kandidat wajah baru yang memiliki potensial menjadi pesaing bupati H Hendy dalam Pilkada 2024 mendatang. Salah satunya adalah H Karimullah Darudiadji, SP,  ketua DPD Golkar Jember, yang nyata-nyata mendapat amanat dalam Musda DPD Golkar tahun 2020 harus maju menjadi calon bupati Pilkada 2024.

H Karim yang saat ini juga menjadi anggota Fraksi Golkar DPRD Prov Jatim, terus melakukan konsolidasi dan gerakan politik untuk memperkuat posisinya di bidang kepartaian, misalnya dia bertekad untuk meraih 6 kursi wakil di DPRD Jember pada Pileg serentak 2024.

Calon lain yang dinilai layak menjadin kandidat bupati Jember  2024  adalah Arif Wibowo, SH, MH, ketua DPD PDIP Jember, miliki kekuatan potensial untuk.maju manjadi kandidat bupati Jember dalam Pilkada serentak 2024. Arief selain ketua DPD PDIP Jember, juga anggota DPR RI, juga merangkap Wakil Sekjen DPP PDIP.

Dengan kekuatan perolehan kursi di legislatif DPRD Jember 9 kursi periode ini, bila bisa bertahan hasil Pileg 2024 maka akan mudah bagi Arief  mendapat tiket maju  Pilkada 2024.

Sedang nama kandidat potensial lainnya ada nama H Charles Maykiansyah, anggota DPR RI Nasdem, juga ketua DPD Nasdem Lumajang. Dengan kekuatan perolehan 8  suara legislatif DPRD Jember  periode sekarang, untuk Pileg 2024 kemungkinan mash bisa bertahan, kemngkinan bertambah.

Masih ada kandidat lainnya yang dinilai potensial adalah HM. Sarmuji, ketua DPD Golkar Jatim, yang juga anggota DPR RI. Juga teman satu partai HM Noer Purnamadidi, anggota DPR RI dapil Jember/Lumajang yang tiap bulan.rajin turun.ke Dapil.

Belum lagi kandidat lainya H Ayub Junaidi, ketua DPD PKB Jember, dengan perolehan 9  kursi legislatif maka tidak sulit.untuk.maju.menjadi.kandidat dalam Pilkada 2024.Disamping teman sejawat partai, Gus Itqon Syauki, ketua DPRD Jember yang juga Sekjen DPD PKB Jember.

Dr Suwignyo Widagdo, ketua STIE Mandala Jember kepad penulis pernah mengungkapkan bupati H Hendy Siswanto, dalam masa jabatannya yang cuma 4 tahun.hinga Pilkada serentak 2024, dia harus tampil penuh pesona/prestasi.

Namun banyak pihak yang menyayangkan H Hendy Siswanto belum menunjukkan prestasi yang mempesona  selama satu tahun memimpin Jember. Selam setahun sepak terjang H Hendy selama ini baru disibukan dengan urusan seremonial berupa rapat kordinasi, pelantikan, audensi, kunjungan, presentasi, peresmian. Belum ada lompatan atau terobosan  program yang luar biasa, kecuali kemarin melakukan guyonan  Wis Wayahe Jember Ngopi Bareng. (+++)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close