HEADLINENASIONALNEWS

Munas KAUJE dan Segudang Tantangan

Menjadikan Alumni sebagai Human Capital

 

Dr. H.Ikhsan Abdullah, SH.MH,
Alumni FH Unej Angkatan  87

Musyawarah Nasional (MUNAS) Keluarga Alumni Universitas Negeri Jember (KAUJE) ke akan digelar di kota Batu Malang Jawa Timur pada tanggal 2 November 2019 sampai 3 November 2019. Ini merupakan MUNAS KAUJE yang ke 5 Universitas Negeri Jember (UNEJ) telah berdiri sejak 1965 yang berarti saat ini telah memasuki usia 55 tahun.

Di era digital sebagai ciri dari fase Industri 4.0, maka alumni UNEJ harus mampu menjadi human capital bukan hanya sebagai sumber daya manusia. Inilah tantangan yang dihadapi oleh pengurus hasil MUNAS ke 5, maka guna mendukung sukses Munas dan menghasilkan Pengurus yang loyal, kredibel dan berdedikasi tinggi.

Musyawarah Nasional (MUNAS) Keluarga Alumni Universitas Negeri Jember (KAUJE) ke akan digelar di kota Batu Malang Jawa Timur pada tanggal 2 sampai 3 November 2019. Ini merupakan MUNAS KAUJE yang ke 5 Universitas Negeri Jember (UNEJ) telah berdiri sejak tahun 1965 yang berarti saat ini telah memasuki usia 55 tahun. Usia matang yang siap meraih keemasan

Di era digital sebagai ciri dari fase Industri 4.0, maka alumni UNEJ harus mampu menjadi human capital bukan hanya sebagai sumber daya manusia. Pengurus KUJE ke depan harus dapat memberikan ruang dan stimulan , minimal media informasi yang berbasis degital. Inilah tantangan yang dihadapi oleh pengurus hasil MUNAS ke 5, maka guna mendukung sukses Munas dan menghasilkan Pengurus yang loyal, kredibel dan berdedikasi tinggi untuk membenahi KAUJE Munas harus memilih sosok pengurus KAUJE yang mampu memprioritaskan beberapa program unggulan antara lain, yaitu:

1.Melakukan revitalisasi asset dan penataan bisnis Kauje-UNEJ dengan tatakelola yg baik dan profesional

2.Membangun database dan memetakan potensi alumni. Salah satunya dengan membuat Platform media sosial internal KAUJE yang berisi informasi mengenai berita kealumnian, informasi kerja, jaringan alumni dan dapat diakses dengan mudah sehingga menjadi daya Tarik dan benefit bagi para alumni. platform ini menjadi media informasi yang eksklusif untuk memajukan kualitas KAUJE.

3.merekrut tenaga yang “Full Timer Person in Charge” untuk mengelola kesekretariatan baik dari pihak kampus maupun pusat KAUJE, sebagai admin yang mengelola konektifitas antar alumni dan pertukaran informasi untuk internal maupun eksternal. PIC tersebut bisa dari mahasiswa UNEJ semester akhir yang akan magang.

4.Mendorong UNEJ menjadi Universitas Research Nasional dengan cara mengekspos semua hasil-hasil penelitian terbaik khususnya di Fakultas Pertanian dan Teknologi Pangan guna menghasilkan produk rekayasa Tehnologi untuk menggantikan produk gelatin (tidak halal) dengan menggantikannya melalui produk hasil research dengan bahan yang sepadan tetapi halal.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Negara Senegal yang saat ini telah berhasil menciptakan vaksin halal untuk jenis vaksin Yellow Fever dengan area distribusi Afrika Barat dan Afrika Tengah yang mendatangkan devisa jutaan dollar.

Kami akan mencoba untuk mengkoneksikan program ini dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar dana research lebih besar dapat di alokasikan kepada Universitas Jember, sehingga menjadi Universitas Research Nasional yang membanggakan

Menyiapkan Kantor Sekretariat Permanen untuk KAUJE di Jakarta yg delengkapi dengan
Peralatan Kantor, Web, Email, Tweeter dan IG serta platform Degital untuk menyatukan semua potensi Alumni.

Inilah tantangan yg harus dijawab dengan kerja serius dan Kemampuan, dedikasi yg tinggi serta membangun budaya guyub dan partisipatif
Insya Alloh bisa…
Aamiiin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close