HEADLINENASIONALNEWS

Kontribusi Alumni Untuk Pengembangan Unej


Sebagai wujud terimakasih dan cinta almamater, maka banyak alumni Universitas Jember yang secara individu maupun kelompok yang telah memberikan kontribusi kepada almamater baik dalam bentuk fisik maupun yang bentuknya non fisik. Ada banyak kontrubusi yang diberikan dalam bentuk pembangunan fisik.
Alumni berhasil membangun Gedung Alumni Unej. Ini merupakan satu-satunya Gedung Alumni di universitas se Indonesia yang murni dibangun murni oleh alumninya. Diselesaikan selama dua tahap selama 14 tahun dari tahun 1994 – 2008. Gedung ini dipergunakan untuk kepentingan alumni, juga digunakan untuk kegiatan mahasiswa fakultas, Dharma Wanita, dan Universitas. Adapun fasilitas Gedung Alumni terdiri dari ruang pertemuan/ruang resepsi, ruang kantor, ruang rapat, ruang penginapan 5 kamar, ruang lobby.
Alumni juga membangun Gedung Pasca Sarjana Unej 3 lantai. Pembangunan ini merupakan bantuan murni alumni Fisip dari atas nama Drs. H.M.Syaukani yang saat itu menjabat bupati Kutai Kartanegara. Juga seorang alumni dari Fakultas Pertanian Ir. Edy Antoro yang kini menjadi pengusaha penmilik Hotel Kusuma Agro Wisata Batu, membangun rumah kaca (green house) di Fakultas Pertanian. Para Alumni Fakultas Pertanian antar angkatan juga membangun 5 Gazebu untuk tempat belajar, diskusi, istirahat mahasiswa di Fakultas Pertanian. Alumni Pertanian angkatan 1983 membangun Taman dan Gapura masuk Fakultas Pertanian.
Para alumni di beberapa fakultas juga melakukan pembangunan beberapa tempat ibadah, baik berupa mushola maupun masjid. Contohnya tempat ibadah di Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Para alumni Fakultas Ekonomi Bisnis juga memberikan bantuan alat atau mesin sarana kebersihan di lingkungan kampus. Alumni Fakultas Pertanian memberkan bantuan tanaman untuk penghijauan dan penelitian di lingkungan kampus.
Ada juga bantuan para alumni untuk sarana oahraga sehat sebanyak 20 sepeda ontel dari alumni Fakultas Pertanian, dan pembangunan Lapangan Bulutangkis di Fakultas Ekonomi Bisnis. Juga bantuan sarana kebutuhan ruang kerja di beberapa fakultas betupa kulkas, AC, dispenser, di Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Bisnis.
Ada juga pembangunan Kantin di Fakultas Ekonomi Bisnis oleh alumni lintas angkatan. Bantuan buku untuk ruang baca baik di tingkat Fakultas maupun untuk Perpustakaan Pusat. Juga pembangunan Gedung Perpustakaan Fisip dari alumni lintas angkatan.
Juga cukup membanggakan peran alumni untuk pembangunan Asrama Putri mahasiswa untuk kapasitas 320 mahasiswa atas upaya yang dilakukan Ketum Kauje Dr. Ali Masykur Musa ke Kementrian PUPR.
Sebetulnya masih banyak sebagaian sarana dan prasarana yang belum tercatat masuk dalam aset Universitas Jember. Sedangkan beberapa fakultas lain ada sebagian yang belum terdata.
Bentuk kontribusi alumni yang lain, berupa memberikan sarana pembelajaran, misalnya netbook, computer untuk proses belajar dan praktikum untuk beberapa fakultas. Ada kontribusi alumni bentuk bantuan beasiswauntuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu (S1), bahkan juga ada bantuan untuk penulisan mahasiswa (S3) di beberapa fakultas.
Secara rutin memberikan bantuan bimbingan dan motivasi dari alumni yang telah berhasil kepada lulusan sarjana baru melalui pembekalan alumni, kuliah umum, stadium general, di tingkat fakultas maupun universitas.
Memberikan bantuan informasi yang terkait dengan lowongan kerja untuk alumni yang berprestasi di tempat kerja alumni yang berhasil. Juga memberikan kesempatan magang dan pelatihan kepada mahasiswa di tempat kegiatan usaha milik alumni atau tempat kerja alumni yang berhasil.
Melakukan kegiatan bedah buku karya alumni di universitas atau fakultas sebagai upaya menambah wawasan bagi dosen dan mahasiswa. Juga melakukan pelatihan dan seminar atau workshop,sarasehan, baik umum, dosen, dan mahasiswa. Juga memberikan pembinaan bidang wirausaha secara sukarela kepada kepada mahasiswa melalui kegiatan informal jalur ektra karikuler.
Juga membantu dalam membangun jejaring kerjasama antara lembaga Unej dengan lembaga lainnya seperti BUMN maupun perusahaan swasta.
Keberadaan keluarga alumni Universitas Jember (KAUJE) sebagai salah satu penentu dari 7 indikator penting dalam penilaian untuk untuk memperoleh akriditasi A yang diperoleh Universitas Jember. Bobot indikator mahasiswa dan alumni adalah bernilai 13,86. Upaya KAUJE saat itu mengumpulkan sejumlah sekitar 30 alumni yang sukses di berbagai bidang untuk diwawancarai secara acak oleh Tim Badan Akriditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi untuk meyakinkan kemampuan dan kualitas Unej selama ini.
Dalam pembangunan sarana dan prasarana fisik di Unej keterlibatan kontraktor alumni Unej sangatlah banyak berperan. Diantaranya Drs Moch Satib alumni FIB mengerjakan pembangunan Gedung Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Ir. Edi Antoro alumni Faperta mngerjakan pembangunan Fakultas Tehnik, Fakultas Teknologi Pertanian, Agroteknopark dan Green House. Saiful Bahri, alumni Fak Hukum mengerjakan pembangunan Gedung Dekanat FKIP, Fakultas Kedokteran Tahap 1, Sarana jalan kampus. Martiningsih SE alumni FEB mengerjakan sarana prasarana pemagaran kampus, paving dan renovasi gedung. Didik Noto S.sos alumni Fisip mengerjakan renovasi sarana jalan dan gedung, pembangunan Gazebo. Putranto, alumni FEB mengerjakan renovasi gedung dan sarana jalan, pembangunan Gazebo. Drs. Iif Ardi pemasok kebutuhan ATK di lingkungan Fakultas dan kantor pusat Unej.
Secara rutin pada setiap acara wisuda, pengurus KAUJE selalu dilibatkan dalam penerimaan alumni dan memberikan sambutan pada buku alumni sekaligus menyerahkan secara simbolis kartu tanda alumni yang saat ini telah mampu melaksanakan 6 kali wisuda dalam satu tahun dengan quota 900 mahasiswa di setiap wisuda.
KAUJE termasuk salah satu pendiri organisasi Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) yang saat ini telah beranggotakan 40 Perguruan Tinggi Negeri. Juga mendirikan koperasi KAUJE Nusantara untuk mewadahi kegiatan alumni. Secara rutin setiap tahun masing-amsing fakultas atau angkatan melaksanakan kegiatan reuni atau temu alumni diisi dengan banyak kegiatan, termasuk diskusi/seminar untuk mencari solusi pengembangan Universitas Jember.

PP KAUJE telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak Pemda (Jember, Bondowoso, Situbondo), BUMN (Bank BNI, PT KAI DAOP IX, kelompok profesi (KADINDA, BP DAS Jatim, ForumDAS Jatim, Perhepi, Jaringan Pasar Rakyat) menyelenggarakan seminar, pelatihan, lokakarya.
Menggalakkan dan memanfaatkan media sosial dalam melakukan komunikasi dengan antar alumni dalam bentuk face book, web, istagram, washap group. PP KAUJE juga menerbitkan majalah alumni @ccess yang memberikan informasi tentang kegiatan para alumni. Termasuk menyusun buku Tokoh Inspiratif Alumni Universitas Jember.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close