NASIONALNEWSPOLITIK

KOMISI X DPR RI KUNKER KE SUMBAR

MUHAMAD NUR PURNAMASIDI : PERLU LITERASI KEBENCANAAN.

SUMBAR-VIRALKATA.COM-alam Reses masa sidang III Komisi X DPR RI melakukan Kunker ke Provinsi Sumatera Barat, 15-19 Februari 2021. Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Fakih. Disambut oleh Plt. Gubernur Sumatera Barat Beserta Kepala Dinas yang membidani Pendidikan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Perpustakaan Daerah. Hadir pula perwakilan pimpinan dari PTN/PTS, serta organisasi Kepemudaan.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Pendopo (Ruang Terbuka) Gubernur Sumatera Barat ini dihadiri juga oleh Mitra Kerja DPR RI yakni Perwakilan dari Kemendikbud, Kemenpora, Kemenparekraf dan juga Perpustakaan.
Kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Komisi X DPR RI, dan sangat berharap semoga dalam pertemuan ini membawa kemanfaatan untuk peningkatan Kualitas dan mutu pendidikan, bangkitnya kembali sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif, kegiatan kepemudaan di tengah situasi Pandemi Covid 19. Ada rekomendasi dan langkah nyata yang saling bersinergi untuk dan demi kemajuan Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Tentunya dengan berbagai program kerja dari mitra kerja Komisi X. Ungkap Plt. Gubernur.
Dalam sesi Dialog, Anggota DPR RI Dapil Jatim IV Jember Lumajang H. Muhamad Nur Purnamasidi menekankan pentingnya literasi Kebencanaan dalam bidang Pendidikan.
Diperlukan keselarasan antara tuntutan literasi dan kesiapan menghadapi bencana. Baik terkait Dimensi pengetahuan pengurangan resiko bencana, sikap pengurangan resiko, dan dimensi keterampilan pencegahan bencana.
Lebih lanjut, Bang Pur memberikan pandangan terkait bagaimana upaya meningkatkan pemahaman terhadap resiko bencana, memperkuat tata laksana untuk pengelolaan resiko bencana, investasi dalam resiko bencana untuk ketangguhan, meningkatkan kesiap-siagaan bencana untuk respon yang efektif dan optimal, serta membangun lebih baik dalam upaya pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi. Tandasnya.
Secara konkrit muaranya adalah bagaimana mengintegrasikan Sumberdaya Pendidikan untuk membangun budaya keselamatan, serta memperkuat ketahanan masyarakat terhadap bencana. Pungkasnya.
Dalam agendanya, rombongan X juga melakukan kunjungan langsung ke lapangan terkait dengan bidang kebudayaan, pariwisata, serta tempat pusat industri kreatif di Provinsi Sumatera Barat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close