NASIONALNEWS

Dr. Ir. Hadi Sulistyo MSi, Jabat Plh Bupati Jember, Ini Perjalanan Karirnya. .

JEMBER-VIRALKATA-COM- Dr. Ir. Hadi Sulistyo, MSi, alumnus Faperta Unej Universitas Jember angkatan 1981, sejak Rabu hari ini ,  17 Februari 2021, menjadi Plh Bupati Jember.  Jabatan Plh bupati akan dijalani sampai adanya pelantikan bupati terpilih H. Hendy Siswanto

Pria asli kelahiran Jember pada 15 November 1962 itu sedang dipercaya memimpin intitusi penting di level Provinsi Jawa Timur sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sejak 2017.

Bagi Hadi Sulistyo yang biasa dipanggil dengan sebutan Mas Sulis itu melanjutkan ken Fakultas Pertanian Universitas Jember setelah lulus dari SMAN 1 Jember. Sulis menempuh jenjang pendidikan formal semuanya dijalaninya di Kota Suwar-Suwir, Jember.

Kuliah d Faperta Unej, memiliki keakrapan yang sanngat kuat antar mahasiswa. Hingga lulus tetap terjaga.. “Soliditas dan keakraban itu sangat terasa karena selama masa perkuliahan lebih banyak praktikum yang membuat intensitas antar mahasiswa bertemu dalam satu kegiatan”, ujarnya

Seusai kuliah 1986, Hadi Sulistyo tidak lama menganggur langsung diterima sebagai pegawai tidak tetap atau honorer di Pemprov Jatim khususnya di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim 1987. Tak lama kemudian Hadi Sulistyo pada 1988 diangkat sebagai PNS yang ditempatkan di Bappeda Jatim. Kariernya mulai menanjak ketika diangkat menjadi pejabat eselon IV di Biro Perekonomian Setdaprov Jatim pada 1994. Eselon III dijabatnya saat pindah ke Bapemas Jatim pada 2003 hingga akhir 2016.

Awal 2017, Hadi Sulistyo mendapat berkah akibat ketekunannya yang menjabat eselon III hingga 14 tahun itu dipromosi naik menjabat eselon IIB sebagai Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Jatim. berikutnya Hadi Sulistyo diberi amanah tambahan menjabat sebagai Plt Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim dan pada Oktober 2017 secara resmi menjadi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim.

Saat menjabat Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, hubungan Hadi Sulistyo dengan almamaternya ternyata semakin terbina baik, ini terbukti dirinya sering diundang oleh Faperta UJ menjadi pembicara untuk berbagai topik. “Selama saya ada waktu, insyaAllah semua undangan dari Unej [Universitas Jember red] akan saya penuhi. Ini sebagai bentuk tanda ucapan darma bakti saya untuk almamater tercinta yang telah menempa dan membesarkan saya dulu”, tambahnya.

Secara khusus Hadi Sulistyo berharap pengelola dan civitas akademika Universitas Jember semakin berbenah untuk mengejar ketertingalan guna berpacu agar Universitas Jember bisa semakin unggul dan difavoritkan dipentas nasional. “Perbaikan kualitas SDM [sumber daya manusia] pengajar tidak bisa dihindari. Dosen-dosen UJ di semua fakultas mesti mengejar sekolah lebih tinggi bila perlu ke luar negeri. Berbagai penelitian khususnya untuk sektor pertanian mesti digalakkan karena Faperta UJ merupakan PTN yang punya basis kuat melalui kerja sama dengan pusat penelitian dan pengembangan yang ada di Jember dan wilayah lain agar bisa semakin berprestasi lagi. Saya haqqul yaqin Universitas Jember bisa menembus papan atas di pentas nasional bila semuanya dibenahi dan solid melangkah bersama mulai civitas akademika, rektorat maupun mahasiswanya termasuk dukungan alumninya,” ungkapnya (gih)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close