NASIONALNEWS

Bupati  H Hendy Tidak Tanggapi Somasi, Wartawan  Siapkan Somasi ke 2.

  • JEMBER-Viralkata.com:
    Wartawan Viralkata.com, Singgih Sutoyo yang  melayangkan somasi atau teguran kepada bupati H Hendy Siswanto.Namun sejak somasi dikirim, sampai hampir seminggu lamanya belum ada tanggapan atau respon dari pihak bupati H Hendy. Untuk itulah, pihak pemberi somasi, Sunggih Sutoyo, wartawan sekaligus pemilk media Viralkata.com, sedang menyiapkan somasi ke 2. “Setelah itu, kalau tidak ada respon, kami akan menunjuk pengacara untuk melakukan gugatan ke pengadilan”, ungkap Singgih Sutoyo Minggu ( 19/12/2021)

 

Somasi 1 sudah
diserahkan langsung ke sekretariat kantor bupati di Pemkab pada Selasa minggu lalu  (14/12/2021)

Selain melakukan atas nama pribadi secara sendiri dan   5 media online miliknya dalam Top Group Media, dia juga mengajak teman-teman media yang lain, untuk ikut melakukan gugatan ke Pengadilan, terutama dari 100 wartawan yang ikut MoU dalam 5 asosiasi.

Singgih pada Senin besok  akan akan melayangkan Somasi ke 2.

Berikut somasi ke 1 yang sudah dikirim ke bupati H Hendy Siswanto ke sekretariat Pemkab sebagai berikut :

 


Kepada
Yth : Ir. H. Hendy Siswanto
Bupati Jember.

Bahwa berdasarkan surat perjanjian MoU (kerjasama) antara bupati Jember  H Hendy Siswanto/Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember dengan para wartawan/pemilik media pada hari Senin tgl 7 Juni 2021, disebutkan perjanjian kerja sama berlaku sejak ditanda tangani oleh para pihak sampai 15 Desember 2021.
Namun kenyataaan yang ada,  adalah sebelum berakhirnya waktu kerjasama, secara sepihak pihak bupati/Plt Kepala Dinas Kominfo, tidak melanjutkan kerjasama dengan pihak wartawan/pemilik media yang tergabung dalam asosiasi sejak bulan  Agustus 2021.

Bahwa dengan berakhirnya kerjasama secara sepihak oleh pihak Bupati/Plt Kepala Dinas Infokom, maka pekerjaan yang tertuang dalam pasal 3 Hak dan Kewajiban, oleh pihak pertama tidak dilaksanakan, utamanya yang terkait dengan pembayaran honor untuk bulan Agustus, September, Oktober, Nopember, Desember 2021.
Padahal oleh pihak kedua para wartawan/pemilik media telah melaksanakan kewajibannya. Akibat dari itu, pihak kedua telah dirugikan secara finansial dan non material.

Untuk itu, pihak pertama Bupati/Plt Kepala Dinas Infokom harus memberikan ganti rugi finansial sebanyak sekitar 100 wartawan/pemilik media. Sesuai pasal 3 Hak dan Kewajiban dengan rincian 20 berita  honor  200.000 perberita. Honor berita yang tidak dibayar mulai bulan  bulan Agustus, September, Oktober, Nopember, Desember, tahun 2021. Total kerugian  honor  senilai 2 miliar.

Dari catatan persoalan tersebut kami tegaskan bahwa :
01.  Pihak bupati/Plt kepala Dinas Infokom telah melakukan ingkar perjanjian kerjasama.
02. Pihak bupati/Plt Kepala Dinas Infokom telah membuat kerugian pihak wartawan/pemilik media. Untuk itu harus memberikan/membayar ganti rugi.
03. Dengan ini pihak kedua para wartawan/pemilik media memberikan somasi (teguran) 1 kepada pihak pertama bupati Jember H Hendy Siswanto/Plt Kepala Dinas Infokom Kab Jember.
04. Setelah disampaikan somasi ini,  bila pihak pertama tidak memberikan respon positip, maka pihak kedu akan melakukan upaya hukum, baik secara perdata maupun pidana.

Atas nama wartawan/pemilik media. Singgih Sutoyo
Viralkata.com.

Para wartawan dan pemilik media lainnya, banyak yang memberi dukungan kepada Singgih Sutoyo, Mereka menilai apa yang dilakukan dia adalah sebagai upaya untuk mendapatkan haknya sebagai wartawan yang sesuai MoU dengan bupati H Hendy Siswanto dan Dinas Kominfo Jember.

Para wartawan yang  memberikan dukungan diantaranya wartawan Salman Alfarisi (Kasus Investigasi.com), Irfak (Transindo.com), Shodiq Syarif MSi (Kabar Rakyat.com), SA, Ghani SH, (Jareku.ID), Sutarna (Menara News.online), Suyono SH, M.Kom (Imperium Daily.com), Aryudi (Jatim Berita.com), Wakik SH, (KadeNews.com), Indra (Lontar.com) Serta banyak lagi wartawan dan media lainnya  yang ikut memberikan dukungan.

“Pastilah kami sebagai wartawan akan ikut mendukung apa yang dilakukan Singgih Sutoyo dari Viralkata.com, karena bagian dari upaya untuk memperjuangkan hak dan nasib wartawan”, ungkap Salman Alfarisi, komunitas Wartawan Selatan.

Namun diakui Singgih Sutoyo, ada juga wartawan yang tidak memberikan dukungan. (Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close